Mauk, Tangerang – SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang menjadi salah satu sekolah di Provinsi Banten yang termasuk dalam Programe for International Student Assessment (PISA) 2022. Dimana, total ada 413 sekolah dari jenjang SMP sederajat dan SMA/ SMK sederajat se-Indonesia yang termasuk dalam program tersebut.

Kepala SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang, Dr. H. Kamsono, M.Pd. mengatakan, ini adalah pertamakalinya sekolahnya terlibat dalam PISA yang berstandar internasional tersebut. Program ini untuk mengukur kualitas pendidikan di suatu negara berdasarkan numerasi, sains, dan literasi.

 

“Ini adalah pengukuran standar pendidikan berskala internasional yang rencananya akan dilaksanakan pada Mei – Juni 2022, sedangkan untuk SMKN 5 Kabupaten Tangerang melaksanakan kegiatan tersebut pada tanggal 19 Mei 2022” ucapnya kepada seluruh peserta apel pagi di lapangan sekolah.

Beliau menuturkan, untuk mempersiapkan hal tersebut, pihak dari PISA pun telah mengundang SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang untuk mendapatkan penjelasan tentang program PISA dan juga mengetahu kesiapan guru serta perangkat komputer yang akan digunakan. Untuk mematangkan pelaksanaan program tersebut, diadakan juga simulasi ujianya. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada saat PISA berjalan di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang.

Kepala SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang berharap, program yang menyasar untuk siswa kelas X dan XI tersebut bisa menjadi bahan evaluasi sekolah untuk bisa menjadi lebih baik lagi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu, sekolah jadi bisa merancang program atau kegiatan yang lebih efektif dan tepat sasaran dalam pengembangan sekolah. “Nantinya semoga ada penyesuaian metode pembelajaran dari guru ke siswa yang mengedepankan kemampuan siswa dalam menganalisa masalah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan