Mauk, Tangerang – SMKN 5 Kabupaten Tangerang menggelar sholat Istiqa berjamaah pada hari Jum’at (13/10/2023). Salat sunnah itu dilakukan sebagai upaya untuk meminta agar diturunkan hujan di tengah musim kemarau panjang yang saat ini melanda di sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Tangerang.

Akibat kemarau yang panjang mengakibatkan kekeringan dan krisis air bersih. Berangkat dari hal tersebut, kepala sekolah menginstruksikan untuk digelarnya shalat istiqa’.

Salat istisqa berjamaah dilaksanakan di lapangan Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB, diikuti oleh +/- 2000 siswa dari semua jurusan serta Tenaga pendidik (Guru) dan Tenaga kependidikan (Tata Usaha) yang turut hadir dalam pelaksanaan shalat istisqa.

Imam sekaligus khotib sholat istiqo’ Bpk. Sahrul Erlando, S.Pd. menyampaikan, bahwa bencana / musibah dialam semesta ini karena perbuatan dosa manusia. Manusia banyak berbuat kemaksiatan dan kerusakan. Kita sebagai hamba Allah SWT meminta ampun dengan memperbanyak beristigfar dan berbuat kebajikan dengan salah satunya bersedekah dan melestarikan lingkungan. Semoga kita semua mendapat perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Dan dengan shalat Istisqa diharapkan hujan segera turun khususnya di Kabupaten Tangerang dan pada umumnya di Indonesia.

kepala sekolah SMKN 5 Kabupaten Tangerang Surta Wijaya, S.Kom., M.M. mengatakan, Shalat minta hujan merupakan bentuk doa dan usaha sebagai umat Islam agar wilayah Kabupaten Tangerang diturunkan hujan. Pasalnya, di tengah musim kemarau panjang yang saat ini melanda di sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Tangerang, sudah beberapa bulan tidak turun hujan yang mengakibatkan kekeringan sehingga mengakibatkan krisis air bersih.

Selain krisis air bersih, hektaran lahan milik petani juga mengering dan gagal panen karena tidak ada pasokan air. Shalat minta hujan juga sebagai sarana edukasi pembelajaran kepada para siswa dan siswi SMKN 5 Kabupaten Tangerang.

“Kami SMKN 5 Kabupaten Tangerang menyelenggarakan shalat istisqa, sebagai salah satu ikhtiar kami sebagai hamba Allah, sebagai umat untuk berikhtiar, untuk berusaha memohon kepada Allah untuk memberikan limpahan berkatnya dalam bentuk hujan. Karena sudah lama di Kabupaten Tangerang ini kita sudah tidak dapat kelimpahan hujan,” tutur Surta Wijaya, S.Kom., M.M.

Selesai shalat para siswa melanjutkan dengan berdo’a bersama di halaman sekolah. Berharap dengan adanya shalat istisqa, hujan segera turun di wilayah khususnya di kabupaten Tangerang dan umumnya di Indonesia.

Hari Muhlia

Guru Produktif Konsentrasi Keahlian Multimedia/ DKV. Hobi Olahraga terutama Bola Voli dan juga Sangat menyukai dunia IT dengan perkembangan nya yang selalu up to date.

Tinggalkan Balasan